Strategi Pemilihan Lokasi Usaha untuk Bisnis Rental Mobil

Salah satu komponen untuk bisa menjalankan usaha rental mobil adalah lokasi. Faktor lokasi dalam bisnis rental mobil ini malah memiliki peranan yang cukup krusial untuk menggapai kesuksesan. Seperti kebanyakan usaha yang lain, lokasi usaha yang baik memang akan mampu menjadi senjata ampuh untuk bisa menarik pembeli. Yang dimaksud lokasi usaha yang baik ini sendiri adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Pembeli atau customer memang akan lebih menyukai dan mencari tempat atau lokasi usaha yang dekat karena akan bisa menghemat waktu dan ongkos.

Selain bisa meningkatkan omset penjualan, dengan lokasi yang baik ini maka pemilik usaha juga bisa mendapatkan keuntungan lain yang akan mampu menghemat pengeluaran. Maka dari itu Anda sebagai pemilik usaha rental mobil ini haruslah memperhatikan dengan serius faktor lokasi ini. Jangan menganggapnya sepele atau bahkan tak menghiraukannya. Nah untuk Anda yang sedang merencanakan pemilihan lokasi usaha rental mobil ini maka beberapa strategi berikut ini bisa Anda terapkan.

Tentukan Faktor Pendukung

Strategi pertama dalam pemilihan lokasi usaha bisnis rental mobil adalah dengan menentukan beberapa faktor pendukung yang ada. Sebuah lokasi usaha yang baik memang sudah selayaknya mampu menghadirkan berbagai keuntungan bagi pemilik usaha. Nah beberapa keuntungan atau manfaat dari lokasi ini bisa Anda dapatkan dari faktor –faktor pendukung. Dan sebagai pemilik usaha rental mobil, Anda tentu harus teliti dan cermat dalam melihat beberapa faktor pendukung lokasi berikut ini.

  • Pencitraan brand. Pikirkan apakah lokasi yang usaha Anda ini mampu menunjukkan pencitraan yang positif bisnis sewa mobil Anda?
  • Kompetisi. Cermati apakah lokasi usaha Anda didukung oleh bisnis-bisnis lain di sekelilingnya?
  • Pasar lokal. Teliti apakah lokasi usaha Anda mampu membaut Anda merekrut pegawai dengan lebih mudah?
  • Rencana pertumbuhan masa depan. Tinjaulah apakah lokasi usaha yang Anda akan gunakan tersebut akan mampu memenuhi rencana petumbuhan bisnis Anda di masa depan. Seperti contoh apakah lokasi itu bisa menampung ruang kendaraan/armada yang semakin banyak bila usaha Anda mengalami pertumbuhan?
  • Keamanan. Apakah lokasi usaha Anda akan mampu menciptakan stabilitas keamanan yang baik, mengingat armada kendaraan Anda adalah aset yang berharga.
Evaluasi Finansial Anda

Berikutnya, strategi pemilihan lokasi usaha bisnis rental mobil yaitu dengan melakukan evaluasi pada finansial Anda. Ya, lokasi usaha memang akan membutuhkan dana untuk beberapa pengeluaran. Tentunya dengan adanya evaluasi finansial ini Anda akan bisa memperoleh penghitungan yang jelas dan juga akurasi yang tepat untuk menjalankan usaha bisnis rental mobil ini dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan evaluasi yang baik untuk finansial dalam hal strategi pemilihan lokasi usaha tersebut. Dan dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan para pengusaha rental mobil yaitu :

  • Hidden costs. Setelah mendapatkan lokasi usaha, Anda akan dihadapkan pada beberapa pengeluaran seperti biaya pendirian banguan atau renovasi, biaya dekorasi dan lain sebagainya. Nah sebagai pemilik usaha Anda wajib memperhatikan hal tersebut.
  • Pajak. Sebuah bangunan disuatu tempat memang akan ada pajak yang harus ditanggung oleh sang pemilik. Nah keberadaan pajak inilah yang juga harus menjadi pertimbangan finansial bagi para pebisnis rental mobil.
  • Insentif negara. Jangan sampai lokasi yang Anda pilih ternyata memiliki kasus sengketa dengan negara. Nah untuk menghindari kerugian finansial yang besar karena perkara sengketa lahan ini, Anda wajib menelusuri dulu status lahan yang akan Anda beli.

Leave a Comment