Strategi Jitu Menjalankan Pemasaran Bisnis Rental Mobil Via Jaringan Online

Saat ini dimana teknologi dan jaringan online sedang berkembang sangat pesat tentu Anda sebagai pengusaha rental mobil tidak boleh berdiam diri saja. Alih-alih diam dan tak mau peduli, Anda sebagai entrepreneur justru dituntut untuk selalu terus memperbarui atau meng-upgrade diri atas perubahan-perubahan yang terjadi disekitar Anda. Nah ketika Anda menjumpai bahwa dunia online ini makin marak, maka Anda seharusnya bisa memanfaatkan peluang yang ada pada dunia online tersebut. Bagaimana caranya? Jalankan saja pemasaran bisnis rental mobil Anda ini secara online. Lalu seperti apa teknik dan strategi dalam menjalankan pemasaran secara online tersebut? Berikut ulasannya.

1. Buat Website Atau Blog

Stategi pertama menjalankan bisnis rental mobil secara online adalah dengan membuat website atau blog. Jika Anda memang memiliki dana yang cukup maka buat saja website profesional. Dengan website, bisnis rental Anda akan terlihat lebih profesional dan kredibel. Namun bila Anda memang belum punya dana karena masih dalam tahap perintisan maka jangan kuatir, Anda masih bisa membuatnya tanpa biaya atau gratis yakni dengan menggunakan blog. Namun risikonya jika Anda menggunakan blog gratisan maka nilai kredibilitas bisnis Anda jadi kurang begitu baik dimata konsumen. Ya, konsumen atau netizen memang lebih menaruh kepercayaannya pada bisnis dengan website berbayar atau Top Domain Level / TDL dibanding blog gratisan. Pada akhirnya pemilihan jenis website ini tentu akan kembali kepada kondisi dan kebutuhan bisnis Anda.

2. Gunakan Media Sosial

Meskipun telah memiliki webiste yang baik, Anda tetap tak boleh melupakan media sosial. Dalam pemasaran online sekarang ini media sosial memang memiliki peran yang besar. Apalagi Indonesia yang tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna sosial tebesar di dunia. Maka dari itu Anda sebagai pengusaha sudah seharusnya juga menggerakkan pemasaran online bisnis ini ke media sosial. Buatlah akun Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya untuk bisa menjangkau konsumen yang berada di dunia media sosial. Jangan lupa kelola akun media sosial ini dengan baik dengan rutin mengupdate konten bermanfaat serta juga rajin menjalin komunikasi dengan netizen.

3. Gunakan Instan Messaging App

Berikutnya, sarana dan strategi pemasaran online bisnis rental mobil yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan instan messaging app atau aplikasi pesan instan. BlackBerry Messenger, WhatApp, Line dan lainnya merupakan contoh beberapa aplikasi pesan instan populer yang bisa Anda pakai untuk menjangkau dan mendekatan diri dengan calon konsumen atau pelanggan Anda. Tentu saja untuk bisa menarik perhatian pengguna pesan instan ini Anda harus mampu membuat kata-kata promosi yang menarik. Khusus untuk konsumen yang sudah berlangganan, Anda bisa membuat grup khusus pada aplikasi pesan instan ini agar komunikasi lebih bisa terjaga dan langgeng.

4. Menggunakan Aplikasi Bisnis atau Usaha Rental Mobil

Terakhir, langkah dan strategi menjalankan pemasaran bisnis rental mobil secara online bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan aplikasi khusus usaha. Penggunaan aplikasi khusus usaha ini sendiri merupakan tahapan yang paling utama dan besar bagi sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan penggunakan aplikasi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun bila Anda suskes menerapkan penggunaan aplikasi dalam bisnis rental mobil maka Anda akan semakin besar berpeluang untuk bisa menjangkau konsumen lebih besar dan lebih luas.

Inilah beberapa strategi dan teknik yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis rental mobil secara online. Dari sekian teknik dan strategi diatas tentu pemilihannya kembali kepada Anda sebagai pemilik atau owner bisnis. Dalam pemilihan dan penerapannya tentu Anda perlu menyesuaikannya dengan keadaan dan kondisi bisnis saat itu. Namun yang pasti penerapan startegi pemasaran online ini sangat perlu dilakukan mengingat besarnya pengguna di dunia maya tersebut. Maka dari itu segeralah bergerak ke pemasaran online jika Anda tak ingin kompetitor mendahului dan merebut konsumen yang seharusnya bisa Anda dapatkan.

 

 

Leave a Comment