Pilih Asuransi All Risk atau TLO Untuk Bisnis Rental Mobil Anda?

Dalam menjalankan bisnis rental mobil tentu seseorang akan berhadapan dengan banyak risiko di dalamnya. Dari kerusakan mobil akibat kecelakaan hingga hilangnya mobil akibat pencurian merupakan beberapa risiko yang bisa saja terjadi dan menimpa para pemilik bisnis ini. Maka dari itu kemudian banyak owner rental mobil memutuskan untuk membeli asuransi guna bisa melindungi mobilnya dari segala risiko yang ada tadi. Namun karena jenis asuransi mobil ini berbeda-beda, maka beberapa dari mereka banyak yang binggung memilih dan menentukan asuransi terbaik bagi bisnis rental mobilnya. Jenis asuransi all risk dan TLO adalah dua pilihan yang seringkali membingungkan para pemilik bisnis rental mobil. Nah untuk itulah agar Anda tidak lagi merasa binggung menentukan pilihan jenis asuransi mobil ini, maka pastikan Anda membaca penjelasan berikut.

shutterstock_Blackboard-560x373

Membedakan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Pertama tama, untuk bisa dengan yakin memilih jenis asuransi mobil all risk dan TLO, kita harus paham dulu definisi dan maknanya. Asuransi all risk adalah asuransi mobil yang bersifat total atau komprehensif dimana segala risiko yang bisa muncul pada penggunaan mobil dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Sedangkan asuransi TLO (Total Loss Only) merupakan asuransi yang hanya bisa diklaim saat terjadi kerusakan atau kehilangan total. Batas kerusakan mobil dari asuransi TLO yang bisa diklaim sendiri adalah diatas 75 %. Kehilangan mobil karena perampasan atau pencurian pun juga akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun pada asuransi TLO kerusakan ringan pada mobil tidak akan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Ketahui Perluasan Perlindungan Asuransi Mobil All Risk

Apa maksudnya perluasan perlindungan asuransi mobil all risk? Maksudnya adalah ada beberapa hal yang bisa Anda perluas dari proteksi asuransi all risk ini. Meski bersifat menyeluruh, asuransi all risk ini memang tidak melindungi semua risiko yang ada seperti banjir, kerusuhan, gempa bumi, tsunami, sabotase atau terorisme. Nah untuk melindungi dari hal-hal ini maka Anda memang harus melakukan perluasan proteksi. Terutama bagi Anda yang hidup dan tinggal dilokasi yang sering terjadi banjir. Nah karena risiko kerusakan kendaraan ini bisa muncul dari seringnya terjadi banjir maka Anda memang disarankan untuk memperluas proteksi asuransi all risk agar bisnis rental Anda makin nyaman. Besaran rate asuransi untuk masing-masing perluasan sendiri berbeda-beda. Namun bila diambil secara umum maka besaran perluasan ini adalah kurang dari 0,5 persen.

Perhitungan Premi Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Menilik dari premi (pembayaran tiap bulan pada pihak asuransi) maka kita akan mendapati bahwa asuransi all risk memiliki besaran yang lebih tinggi dari pada TLO. Ini tentu saja berlaku demikian mengingat banyaknya jenis risiko yang harus ditanggung pihak asuransi pada jenis all risk. Meski berbeda, besaran premi dari kedua asuransi ini tetap harus mengacu atau merujuk pada jenis dan tahun mobil itu sendiri. Beberapa asuransi bahkan ada yang mempertimbangkan faktor lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan hingga rekam jejak kredit sebagai acuan besaran premi. Dan yang pasti penghitungan premi ini akan didasarkan pada rate asuransi yang kemudian dikalikan dengan harga mobil.

Kombinasi Asuransi All Risk dan TLO Bisa Jadi Solusi

Jika Anda masih binggung dan ragu antara memilih asuransi all risk atau TLO maka pilihan menggabungkan atau mengkombinasikan kedua jenis asuransi ini bisa jadi solusi. Memang bisa? tentu saja bisa. Trik atau strategi ini terutama akan sangat menguntungkan bagi Anda yang menyewakan mobil baru untuk bisnis rental. Nah pada mobil-mobil baru gunakan saja asuransi all risk di tahun pertama dan kedua atau sampai tahun ketiga. Nah nanti ketika sudah masuk tahun keempat dimana keadaan mobil sudah tidak lagi terbilang baru maka Anda bisa mengganti asuransi all risk ini dengan asuransi TLO.

Jadi, Pilih yang Asuransi Mana untuk Bisnis Rental Mobil?

Nah dari penjelasan diatas seharusnya Anda sudah mulai mendapat gambaran asuransi yang akan Anda gunakan pada bisnis rental mobil. Jadi inti dari ketepatan dan keuntungan pemilihan jenis asuransi ini terletak pada intensitas pemakaian yang berbanding lurus dengan tingkat risikonya. Nah jika mobil Anda sering kali digunakan seperti pada bisnis rental mobil maka sangat dianjurkan Anda menggunakan asuransi all risk. Karena dengan asuransi ini maka Anda akan merasa nyaman dan tidak lagi khawatir saat mobil Anda sedang disewa oleh orang lain.

Leave a Comment