Inilah 6 Jenis Layanan Bisnis Rental Mobil yang Bisa Ditawarkan Pada Konsumen

Pada sebuah bisnis tentu harus ada produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen. Produk atau jasa yang ditawarkan pemilik usaha sendiri harus menarik dan memikat konsumen untuk datang membeli atau menggunakannya. Dalam bisnis rental mobil yang merupakan bentuk usaha dibidang jasa, seorang owner juga perlu memiliki konsep jasa atau layanan yang menarik untuk ditawarkan pada publik. Alih-alih menawarkan layanan yang “itu-itu saja”, Anda sebagai pemilik usaha rental harus memikirkan hal-hal kreatif untuk dijadikan sebagai sebuah konsep layanan.

Dengan semakin maraknya usaha rental mobil yang bermunculan tentu akan secara langsung menyebabkan tingkat persaingan pada bisnis ini semakin tinggi. Nah dari sinilah Anda sebagai owner harus mampu membuat diferensiasi layanan yang menjadi pembeda dari bisnis sejenis dari kompetitor. Pembeda dari layanan ini nantinya akan memiliki pengaruh terutama pada keberhasilan promosi yang dilakukan. Berikut ini beberapa beberapa inspirasi layanan bisnis rental mobil yang bisa Anda tawarkan pada publik atau masyarakat.

1. Sewa Mobil Harian

Pertama jenis layanan rental mobil yang bisa Anda tawarkan pada konsumen adalah layanan sewa mobil harian. Seiring dengan tingginya permintaan masyarakat pada jenis sewa harian ini tentu Anda sebagai pebisnis tak boleh melewatkannya. Layanan sewa mobil harian sendiri adalah layanan sewa mobil berdasarkan hitungan lama pemakaian waktu per hari atau bisa jadi setengah hari. Umumnya beberapa usaha rental mobil menetapkan standar sewa mobil harian ini minimal enam jam. Namun Anda tentu tak harus mengikuti ketentuan umum tersebut. Anda bisa saja membuat pembeda dengan menetapkan standar waktu yang lebih kecil atau lebih banyak dari standar enam jam tadi. Dengan menawarkan jenis layanan sewa harian pada konsumen maka usaha rental Anda akan banyak dicari konsumen. Dan saat Anda kebanjiran order tentu saja omset Anda pun akan melejit. Siapkan saja armada yang lebih banyak ketika masuk periode liburan, karena pada saat itu permintaan pada layanan sewa harian akan meningkat drastis.

2. Sewa Mobil Bulanan

Berikutnya, jenis layanan yang bisa ditawarkan pada konsumen dari usaha rental mobil yang Anda jalankan adalah sewa mobil bulanan. Meski mungkin permintaan yang datang tak sebesar sewa mobil harian namun layanan ini tetap masih mendapat tempat di kalangan masyarakat. Kalangan masyarakat yang biasanya membutuhkan jenis layanan ini adalah para pengusaha dan juga para profesional. Dengan menyediakan jenis layanan sewa bulanan Anda akan berpeluang mendapatkan pendapatan yang stabil setiap bulannya. Tentu saja hal ini bisa terjadi jika Anda mampu membuat konsumen puas hingga memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap Anda.

3. Sewa Mobil Antar Jemput

Layanan yang satu ini mungkin jarang ada yang menerapkannya. Namun Anda sebagai pemilik usaha rental mobil yang kreatif tentu saja bisa menjadikan layanan ini sebagai konsep usaha untuk ditawarkan pada masyarakat. Tingginya tingkat mobilitas masyarakat saat ini memang pada akhirnya akan membuat kebutuhan akan transportasi antar-jemput semakin tinggi. Nah dari sini Anda bisa membuka penawaran atas tingginya permintaan tersebut. Walaupun mungkin harga sewanya tak terlalu tinggi, namun jika Anda bisa mendapatkan banyak order, tentu menjadi hal yang menarik untuk omset Anda bukan. Namun untuk menawarkan jenis layanan sewa ini, Anda pastinya perlu menyediakan sopir yang berpengalaman. Karena pada umumnya orang yang ingin di antar jemput mereka tak mau capek dan juga ingin mendapatkan pelayanan ekstra yaitu pengemudi yang bisa mengantar-jemput.

4. Sewa Mobil Jangka Panjang

Terakhir, layanan sewa pada usaha rental mobil yang bisa Anda ditawarkan adalah sewa mobil jangka panjang. Jenis layanan ini umumnya diminati oleh kalangan korporat atau perusahaan yang sedang berkembang dan membutuhkan mobil sebagai alat transportasi usahanya. Dari pada menyewa per hari, maka perusahaan akan mencari usaha rental yang mau menyewakan armadanya dalam kurun tahunan untuk efisiensi biaya. Nah untuk Anda yang ingin menawarkan jenis layanan ini pada korporat tentu Anda harus mengetahui pasaran harga sewa jangka panjang. Keuntungan dari penawaran layanan ini adalah Anda sebagai owner rental bisa langsung mendapatkan dana segar yang bisa Anda gunakan untuk pengembangan usaha dan juga penghematan biaya service mobil. Penghematan biaya service ini memang akan terjadi karena nantinya yang akan melakukan hal ini adalah pihak dari penyewa. Namun Anda perlu berhati-hati dengan penipuan dari layanan ini. Anda perlu mengenali dengan baik penyewa Anda tersebut agar armada Anda tidak dibawa kabur pihak penyewa.

5. Sewa Lepas Kunci

Beberapa konsumen memang lebih menyukai menyewa kendaraan tanpa ada sopir dari pihak rental. Nah dengan tanpa ada sopir maka mereka bisa mendapatkan satu jatah kursi kosong yang bisa diisi oleh penumpang lain. Dengan demikian ketika mereka bisa membawa mobil rental sendiri tanpa ada sopir dari pihak rental, rasa puas pun muncul. Nah dalam dunia rental, layanan ini biasa disebut dengan sewa lepas kunci. Artinya disini adalah Anda sebagai pemilik mobil sewa akan menyerahkan sepenuhnya mobil kepada pihak penyewa selama proses sewa. Meski beresiko namun dengan memberlakukan beberapa persyaratan sebagai jaminan maka layanan ini sebenarnya tak ada masalah.

6. City Tour

Terakhir, jenis layanan sewa pada usaha rental mobil yang bisa ditawarkan adalah city tour. Permintaan atas layanan keliling kota atau city tour ini biasanya muncul dari para wisatawan, baik itu wisatawan dari lura kota atau dari luar negeri yang ingin melihat-lihat kota di daerah Anda berbisnis. Semakin populer kota tempat bisnis rental mobil Anda maka peluang mendapatkan konsumen ini juga akan semakin besar. Layanan ini sendiri sifatnya lebih flexibel karena bisa jadi ada beberapa permintaan dari konsumen yang ingin melihat objek wisata di kota yang mungkin tidak Anda ketahui. Tetap terbuka saja terhadap kemungkinan-kemungkinan tersebut untuk bisa mendapatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen. Karena bisa jadi suatu saat mereka akan datang kembali kepada Anda untuk menyewa mobil Anda .Dari sini maka Anda sebagai seorang pengusaha rental mobil harus membuka diri pada layanan city tour tersebut.

Leave a Comment