most-stolen-cars

Ingin Terhindar dari Resiko Tindak Pencurian dari Bisnis Rental Mobil? Coba Terapkan Cara Berikut Ini

Setiap usaha atau bisnis yang dijalankan memang akan selalu mengandung resiko atau kemungkinan-kemungkinan rugi. Maka jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, Anda harus bersiap dan mempersiapkan diri sejak awal untuk menghadapi segala resiko usaha yang ada. Dalam bisnis rental mobil sendiri, Anda juga akan mendapati berbagai resiko usaha yang harus diantisipasi. Anda memang harus mengatisipasi resiko-resiko ini sejak awal agar Anda tak mengalami kerugian. Dan salah satu bentuk resiko kerugian yang bisa dialami para pebisnis rental mobil sendiri adalah tindak pencurian mobil sewa.

Dalam bisnis rental ini Anda memang harus menyerahkan mobil kepada konsumen untuk disewakan. Namun dalam beberapa kasus yang ada, proses penyewaan ini berakhir kecurangan dari pihak penyewa dan kerugian bagi pihak yang menyewakan ketika terjadi tindak pencurian mobil oleh oknum penyewa yang tidak bertanggung jawab. Dengan nilai dan harga mobil yang terbilang cukup besar, tentu saja hal ini akan menjadi masalah besar dan akan membuat pemilik bisnis terpukul karena mengalami kerugian besar. Maka dari itu Anda sebagai pengusaha rental mobil harusnya lebih concern pada hal ini dan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari resiko pencurian ini. Lalu bagaimana cara untuk menghindari resiko tindak pencurian pada bisnis rental mobil ini? Berikut ulasannya.

1. Berlakukan Persyaratan yang Ketat

Cara pertama untuk menghindari resiko tindak pencurian dari bisnis rental mobil yang Anda jalankan adalah dengan memberlakukan persyaratan yang ketat. Ya, hanya dengan cara ini Anda akan selangkah lebih aman dan nyaman saat Anda menyerahkan mobil sewa Anda kepada orang lain (penyewa). Beberapa persyaratan yang bisa Anda terapkan dalam bisnis sewa mobil untuk menghidari resiko pencurian ini yaitu penyewa diwajibkan untuk menunjukkan Kartu Tanda Pengenal (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau beberapa dokumen yang lain. Jika dokumen-dokumen ini Anda kira perlu untuk di foto copy oleh penyewa maka berlakukan saja persyaratan tersebut. Anda juga bisa menerapkan juga persyaratan atau ketentuan lain seperti waktu maksimal sewa. Waktu maksimal sewa ini bisa diatur dengan ketentuan bilamana melebihi jam yang ditentukan maka akan diberlakukan denda atau tarif rental yang baru.

2. Lakukan Survey Tempat Tinggal Konsumen

Jika Anda merasa tak yakin dengan dokumen yang diserahkan oleh penyewa, maka Anda bisa melakukan survey lapangan langsung. Survey atau pengamatan secara langsung ini bisa Anda lakukan pada alamat dan kepemilikan rumah penyewa. Anda bisa memastikan apakah rumah yang tertera di alamat penyewa sesuai dengan dokumen yang diserahkan dan apakah rumah yang ada itu benar-benar milik penyewa? Mengapa survey hal ini harus dilakukan? Sebab tidak sedikit kasus pencurian mobil sewa yang dilakukan berkedok dokumen palsu yang tentunya memiliki alamat dan kepemilikan rumah yang palsu pula. Aturan ini sebenarnya tidaklah berlebihan karena ada beberapa pemilik rental mobil sendiri yang lebih ketat dalam peraturannya. Beberapa dari pemilik bisnis rental yang lebih ketat dalam peraturannya ini ada yang menyatakan bahwa dirinya tidak akan memberikan kunci mobil jika mereka mendapati rumah penyewa masih berstatus rumah kontrakan.

3. Berlakukan Ketentuan Uang Muka (Down Payment)

Terakhir, cara untuk dapat menghindari resiko tindak pencurian mobil sewa dari bisnis rental yang Anda jalankan adalah dengan memberlakukan ketentuan uang muka (down payment). Jangan ragu untuk memberlakukan ketentuan ini pada para konsumen atau pelanggan Anda. Karena hal ini sudah mulai banyak dilakukan oleh pengusaha rental mobil lainnya. Pemberlakuan ketentuan uang muka sendiri dilakukan untuk tujuan agar antara pemilik sewa dan penyewa terjadi saling tercipta rasa aman, nyaman dan percaya. Pemberlakuan ketentuan uang muka ini juag dilakukan untuk mengantisipasi oknum penyewa yang nakal. Konsumen memang bisa saja melakukan hal-hal yang merugikan Anda seperti membatalkan sewa dengan tiba-tiba, tidak mau membayar (menghutang) hingga membawa kabur atau mencuri mobil Anda. Dalam menetapkan aturan ini Anda tak perlu khawatir akan kehilangan konsumen. Sebab saat ini masyarakat sudah menyadari kondisi yang ada dan akan memahami apa yang Anda maksudkan dari peraturan ini.

Leave a Comment