bigstock-Detail-of-a-mechanic-holding-a-29356376

Cara Merawat Mesin Mobil dengan Sederhana

Dalam menjalankan bisnis rental mobil tentu saja kendaraan beroda empat ini akan menjadi aset utama untuk menggerakkan roda usaha. Karena telah menjadi sebuah aset utama dan penting maka Anda sebagai pengusaha harus bisa menjaga dan merawat kondisi mobil dengan baik. Salah satu cara agar mobil tetap terjaga dengan baik adalah dengan cara merawat mesin mobil. Mesin memang menjadi salah satu komponen atau bagian terpenting dan paling krusial buat mobil ini. Tanpa adanya mesin mobil yang prima maka bisnis rental mobil ini akan terganggu dan bukan tidak mungkin akan mengalami kerugian. Nah maka dari itu dari sini Anda sebagai pengusaha rental mobil haruslah benar-benar mengerti dan memahami cara merawat mesin mobil dengan baik. Berikut ulasan cara merawat mesin mobil dengan baik melaui cara yang sederhana tersebut.

Ganti oli berkala

Cara pertama untuk merawat mesin mobil dengan baik melalui cara sederhana adalah dengan mengganti oli secara berkala. Pelumas atau oli memang merupakan bahan yang penting dan sangat dibutuhkan agar mesin berfungsi dan bekerja maksimal. Fungsi oli sendiri adalah untuk membantu menahan gesekan yang terkadi pada sebuah mesin. Dengan pemakaian oli yang tepat dan teratur maka mesin mobil Anda akan memiliki daya tahan yang baik. Maka untuk membuat kondisi mobil selalu prima maka Anda haruslah mengganti oli secara teratur dan berkala. Penggantian oli mobil sendiri harus dilakukan umumnya dari standar setelah mobil menempih jarak 3000 km hingga 5000 km. Nah saat akan mengganti oli, Anda juga perlu memilih jenis oli yang tepat dan sesuai dengan mesin mobil Anda. Pilihlah oli yang kebutuhan standar mesin mobil Anda agar terhindar terjadinya panas berlebih pada mesin mobil.

Cek cairan radiator atau coolant

Selain oli, cairan radiator juga memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat kondisi mobil menjadi prima. Radiator sendiri berguna dan berfungsi untuk untuk menetralisir panas mesin mobil. Memang apa yang terjadi jika mobil kekurangan cairan radiator? Tentu saja  akibatnya akan fatal. Mobil yang kekurangan atau kehilangan cairan radiator akan membuat kerusakan pada mesin. Mengapa demikian? Sebab saat mobil kekeurangan cairan radiator maka mesin mengalami overheat atau panas berlebih. Bila mesin mengalami overheat maka hal ini akan membuat mesin mobil mengalami kerusakan dan pada akhirnya akan membahayakan Anda sebagai pengemudi kendaraan. Nah melihat resiko yang besar dari efek kurangnya cairan radiator ini maka Anda sebagai pengusaha sudah selayaknya untuk selalu memeriksa air radiator mobil ini secara teratur dan berkala.

Bersihkan filter karburasi

Kadang kala Anda akan menjumpai mesin mobil yang sulit dihidupkan.  Jika Anda mendapati salah satu mesin mobil yang digunakan dalam bisnis rental ini mengalami susah hidup maka bisa jadi filter karburasi yang ada kotor. Maka jika hal ini terjadi Anda harus segera melakukan tindakan untuk membersihkan filter karburasi mobil yang kotor tersebut. Untuk membersihkan saringan filter karburasi ini sangatlah mudah. Anda tinggal mencari sebatang sikat gigi yang tidak terpakai untuk digunakan sebagai alat pembersih. Dengan penggunaan sikat gigi ini maka kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan karburasi akan bisa terlepas. Dalam pembersihan filter karburasi ini Anda harus menghindari penggunaan hairdryer atau compressor. Mengapa demikian? Sebab jika penggunaan hairdyer ini dilakukan maka akan sangat beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

Pacu Mobil Anda

Terkahir cara merawat mesin mobil yang baik dengan teknik sederhana adalah dengan memacu mobil Anda. Mengapa harus memacu mobil? Sebab dengan memacu mobil, Anda akan mengetahui apakah mesin berada dalam keadaan baik-baik saja atau malah bermasalah. Mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu yang lama memang seringkali akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin. Nah dengan memacu mobil melalui cara menginjak gas lebih dalam ini maka biasanya kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melalui knalpot. Namun untuk melakukan hal ini tentunya Anda harus memperhatikan keamanan berkendara terutama kondisi jalanan disekitar Anda. Pastikan kondisi jalanan yang sedang Anda lewati sepi dan aman ketika Anda memacu kendaraan Anda lebih cepat.

2 comments

  1. m

    nice info. gara2 telat ganti oli knalpot ngebul katanya pistonnya udah gancet ni.

  2. a

    Semoga tidak telat ganti oli lagi pak

Leave a Comment