screen-shot-2016-11-23-at-11-38-41

3 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Konsumen Dalam Bisnis Rental Mobil

Dalam menjalankan sebuah usaha, seorang owner atau pemilik bisnis memang harus berjuang agar konsumennya puas. Apalagi jika usaha yang dijalankan tersebut sudah banyak pesaingnya seperti rental mobil. Maka merebut hati konsumen agar mereka percaya pada usaha rental yang dijalankan adalah sesuatu yang mutlak harus dilakukan oleh owner. Dan perlu diketahui bahwa proses membangun kepercayaan konsumen untuk bisa menggunakan jasa rental mobil Anda ini tidaklah mudah. Anda harus berjuang sekuat tenaga dan juga harus bersiap menghadapi berbagai kendala dan hambatan di dalam prosesnya.

Dengan adanya kepercayaan atau trust dari konsumen maka usaha rental mobil yang dijalankan akan bisa berjalan pada rel yang benar untuk menggapai suskes. Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa tingkat kepercayaan dari konsumen ini memang sangatlah penting. Tapi seperti apakah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen dalam bisnis rental mobil ini? Berikut ulasannya.

1. Kejujuran

Pertama, faktor yang mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis rental mobil Anda adalah kejujuran. Dalam usaha apapun konsumen pasti akan lebih manaruh hati dan kepercayaannya pada bisnis yang dijalankan dengan jujur. Sebagai orang yang akan membeli atau menggunakan jasa rental mobil, konsumen pastinya ingin mendapatkan segala sesuatunya baik itu dari layanan dan harga secara apa adanya dan tidak bersifat menipu. Maka dari itu Anda sebagai owner harus mengatakan dengan jujur tentang apapun baik itu dari layanan, keadaan armada atau juga harga. Jangan sekali-kali berbohong seperti mengatakan bahwa kondisi armada yang masih bagus namun sebenarnya tidak demikian. Jika pernyataan tidak jujur ini sering Anda lakukan maka bukan tidak mungkin akan banyak konsumen yang kecewa dan akhirnya tidak mau lagi menggunakan jasa rental Anda. Dari sini maka kepercayaan konsumen pun tidak akan pernah Anda dapatkan. Dan hasilnya usaha rental mobil Anda pun akan semakin dijauhi dan ditinggal masyarakat.

2. Pelayanan Prima dan Respect

Setiap konsumen pasti ingin mendapatkan pelayanan yang prima dan juga sebuah penghargaan setelah memakai jasa rental mobil Anda. Hal ini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan konsumen yang ingin diperlakukan sebagai raja. Maka dari itu Anda sebagai owner rental mobil memang sebaiknya selalu siap dengan pelayanan yang prima. Apalagi jika menilik bisnis Anda yang tergolong kategori jasa. Maka mau tak mau Anda memang harus memberikan prioritas pada aspek layanan ini. Semakin prima dan memuaskan layanan yang Anda berikan pada konsumen maka semakin tinggi pula nantinya tingkat kepercayaan dari konsumen yang Anda terima. Dan sebaliknya bila Anda tidak memperhatikan hal ini maka konsumen akan semakin meninggalkan bisnis Anda. Jangan lupa juga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen yang telah memakai jasa rental Anda. penghargaan ini bukan berarti Anda harus memberikan hadiah setiap kali mereka menggunakan jasa Anda . Tapi sekedar ucapan terima kasih saja akan membuat mereka senang dan akan menjadikan usaha rental Anda sebagai referensi serta langganan.

3. Keterbukaan

Terakhir, faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis rental mobil Anda adalah keterbukaan.  Keterbukaan disini bisa menyangkut apapun yang memang berhak konsumen ketahui. Contoh adalah berupa kenaikan tarif jasa rental. Nah ketika Anda memberlakukan kenaikan tarif pada jasa rental mobil, maka Anda wajib memberitahukan atau menjelaskannya kepada konsumen serta pelanggan. Tanpa mereka harus bertanya, sebaiknya Anda mendahului menjelaskannya mengapa tarif ini harus Anda naikkan. Contoh lain soal keterbukaan yang perlu Anda sampaikan pada konsumen yaitu soal keterlambatan atau juga layanan customer service yang bermasalah. Jika hal ini memang terjadi maka sebagai owner Anda harus terbuka menjelaskan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Leave a Comment